” KOORDINASI YANG BAIK ANTARA “BKM KARYA MANDIRI” DAN APARAT KELURAHAN “

tim 4 feb

Salah satu pihak yang sangat strategis dalam pelaksanaan pemberdayaan di masyarakat ialah Kepala Kelurahan atau biasa kita sebut Lurah. Pada prosesnya peran serta dari Pihak Kelurahan sangat diperlukan, mulai dari Kantor Lurah yang biasa digunakan oleh masyarakat dalam melaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan, keikutsertaan Aparat kelurahan dalam pelaksanaan kegiatan hingga peran serta Lurah dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan di masyarakat.

BKM “Karya Mandiri” Kelurahan Kebun Dahri ialah salah satu badan keswadayaan masyarakat yang sampai hari ini masih bersinergi dengan pihak Kelurahan Kebun Dahri dalam melaksanakan kegiatan Pemberdayaan. Dimana hubungan yang erat terjadi antara BKM “Karya Mandiri” dan Kepala Kelurahan Kebun Dahri bukan serta merta terjadi dengan mudah dan tanpa rintangan.

Salah satu point yang sangat penting dari eratnya hubungan ini ialah antusias dari anggota BKM “Karya Mandiri”, yaitu dimana hampir keseluruhan dari Anggota BKM “Karya Mandiri” menyempatkan hadir dalam setiap kegiatan, juga dari Pihak Kelurahan selalu sedia menyempatkan waktu untuk dapat hadir dalam kegiatan-kegiatan Pemberdayaan di Kelurahan Kebun Dahri.

tim 4 feb 1

menurut Bapak Ekman Effendi, S.Sos selaku Kepala Kelurahan Kebun Dahri “kunci dari eratnya suatu hubungan itu ialah adanya keterbukaan dalam setiap langkah, sehingga masing-masing pihak dapat saling memahami keadaannya”.

Ibu Nova selaku Koordinator BKM menambahkan, “Kami juga sangat berterimakasih nian dengan Pak Lurah Kebun Dahri, karena dengan adanya bantuan dari pak Lurah Kegiatan Pemberdayaan di Kelurahan Kebun Dahri dapat berjalan dengan baik, lurah sagat menginspirasi kami karena beliau selalu mensuport kami dalam berbagai hal dan beliaupun selalu menyempatkan hadir ketika kami undang walaupun malam hari, padahal rumah beliau sangat jauh dari kantor lurah dan bukan asli penduduk kelurahan Kebun Dahri”.

Dapat kita ambil salah satu contoh dari koordinasi antara BKM “Karya Mandiri” dan Pihak Kelurahan ialah setelah pelaksanaan Kegiatan sarana perdagangan BKM “Karya Mandiri” tidak ada tempat untuk meletakkan sarana perdagangan yang akan diserahkan kepada masyarakat, maka BKM “Karya Mandiri” bisa Meletakkan dulu di kantor Lurah, BKM “Karya Mandiri” hanya sekedar minta izin terlebih dahulu, dan  pihak kelurahan dapat memberikan kesediaan untuk menawarkan tempat yang kosong untuk  meletakkan sarana perdagangan yang akan diserahkan ke masyarakat. Sehingga nantinya dapat diserahkan secara bersama-sama dan diketahui oleh berbagai pihak.

tim 4 feb 2

Dalam hal lain aparat keluahan selalu memeberikan Kontribusi berupa sumbang saran bahkan tenaga dan material kepada anggota BKM, yang telihat ketika rapat acap kali pihak kelurahan menyumbang air minum untuk seluruh peserta rapat bukan hanya itu, malahan aparat kelurahan besedia ikut bersama anggota BKM dalam survey kegiatan yang akan dilaksanakan.

Oleh karna itu sampai sekarang masyarakat  dan pihak Kelurahan Kebun Dahri selalu bersenergi dalam setiap kegiatan dikelurahannya,sehingga nampak tidak ada pembatas diantara mereka. mereka saling bahu membahu dalam membangun kelurahan dan, tidak ada yang lebih ditinggikan dan direndahkan dalam tatanan kehidupan sehingga terjalin rasa kekeluargaan dan saling menghormati antara satu dengan yang lain.

Itulah sekilas cerita tentang hubungan yang baik dari pihak kelurahan Kebun Dahri dan BKM “Karya Mandiri”. Semoga hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat terus dipertahankan dan menginspirasi kita kemua untuk dapat berbuat lebih baik lagi. SEKIAN……

Oleh :

Fasilitator CD Tim 04

Hartawan Hadi, S.Sos.i/ Ahadrin, ST

Ditandai:, , , , , ,

Tinggalkan komentar